Educational Psychology-4

| |

Apa pentingnya Paedagogi ?

Secara teori, Paedagogi (Pedagogy) berasal dari bahasa Yunani ”paid”, yang berarti berarti anak dan ”agogus”, yang berarti ”memimpin”. Sehingga secara sederhana dapat dikatakan, Paedagogi merupakan ”seni dan ilmu dalam mengajar anak-anak”.
Terdapat empat konsep dasar dalam mengasumsikan paedagogi, yaitu :

  1. Konsep diri

Anak ialah pribadi yang tergantung. Hubungan pelajar dengan pengajar merupakan hubungan yang bersifat pengarahan.

  1. Pengalaman

Pengalaman anak / pelajar sangat terbatas, karena itu dinilai kecil dalam proses pendidikan.

  1. Kesiapan belajar

Guru / pengajar menentukan apa yang akan dipelajari, bagaimana, dan kapan belajar.

  1. Orientasi Terhadap Belajar

Anak-anak cenderung mempunyai perspektif untuk menunda aplikasi apa yang ia pelajari (digunakan di masa yang akan datang). Pendekatannya ”berpusat kepada mata pelajaran” (Subject Centered) .

Dari pernyataan yang ada, jelas bahwa Paedagogi terbatas pada ilmu pendidikan anak atau ilmu mendidik anak. Maka timbul pertanyaan, kapankah seorang anak masuk dalam kawasan paedagogi? Menurut M.J. Langeveld, pendidikan baru terjadi ketika anak telah mengenal kewibawaan, maksudnya terlihat pada kemampuan anak memahami bahasa, karena sebelum itu dalam paedagogi anak tidak disebut telah dididik, yang ada adalah pembiasaan. Sedang batas atasnya, dari masa paedagogi, yaitu ketika anak telah mencapai kedewasaan atau bisa disebut orang dewasa.


Pertanyaan selanjutnya mengacu pada, apa yang menjadi alasan mengapa Paedagogi diperlukan? Terdapat dua alasan yang melandasinya, yaitu pertama paedagogi akan menjadi dasar bagi praktek dalam mendidik anak. Selain itu bahwa paedagogi akan menjadi standar atau kriteria keberhasilan praktek pendidikan anak. Kedua, manusia memiliki motif untuk mempertanggungjawabkan pendidikan bagi anak-anaknya, karena itu agar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, praktek pendidikan anak memerlukan paedagogi sebagai landasannya agar tidak jadi sembarangan.


Alasan lain yang mengacu pada pentingnya paedagogi ialah karena sebenarnya semua manusia tentu akan menjadi seorang pendidik, baik itu dalam batasan identitasnya sebagai seorang guru ataupun sebagai orangtua (dalam keluarga). Dan fakta yang perlu kita sadari dan ketahui ialah pada dasarnya manusia mempunyai naluri untuk mendidik tanpa mempelajari teori, terbukti bahwa banyak orang tua berhasil mendidik anak mereka sampai pada kesuksesannya, tanpa mempelajari paedagogi, namun yang terjadi ialah teori lahir dari praktek di lapangan.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar