Educational Psychology-1

| |

Dalam teorinya, yakni salah satunya Cara Mengajar yang Efektif, dinyatakan bahwa terdapat dua hal utama yang selayaknya dimiliki seorang pengajar yakni, (1) pengetahuan dan keahlian profesional, yang berupa penguasaan materi pelajaran, strategi pengajaran, penetapan tujuan dan perencanaan instruksional, keahlian manajemen kelas, keahlian motivasional, keahlian komunikasi maupun teknologi,  dan (2) komitmen dan motivasi.

Namun dari dua hal tersebut, timbul pertanyaan mengenai strategi pengajaran yaitu, 
Apa makna khusus dan penjelasan rinci tentang Konstruktivisme ? 


Konstruktivisme merupakan proses pembelajaran yang menerangkan bagaimana pengetahuan disusun dalam pikiran manusia. Unsur-unsur konstruktivisme telah lama dipraktikkan dalam kaedah pengajaran dan pembelajaran di tingkat sekolah dan universitas tetapi tidak begitu terlihat dan tidak ditekankan. Menurut paham konstruktivisme, ilmu pengetahuan sekolah tidak boleh dipindahkan dari guru kepada murid dalam bentuk yang serba sempurna. Murid perlu dibina suatu pengetahuan seperti pengalaman masing-masing. Pembelajaran adalah hasil daripada usaha murid itu sendiri dan guru tidak boleh belajar untuk murid. Realita yang diketahui murid adalah realita yang dia bina sendiri. Murid sebenarnya telah mempunyai satu set ide dan pengalaman yang membentuk struktur kognitif terhadap diri mereka.
Untuk membantu murid membina konsep atau pengetahuan baru, guru harus mengolah struktur kognitif yang tersedia pada diri mereka. Apabila pengetahuan baru telah disesuaikan dan diserap untuk dijadikan sebagai pegangan kuat mereka, barulah kerangka baru tentang sesuatu bentuk ilmu pengetahuan dapat dibina. Proses ini dinamakan konstruktivisme.

Beberapa ahli konstruktivisme yang terkemuka berpendapat bahwa pembelajaran yang bermakna itu bermula dengan pengetahuan atau pengalaman setiap murid. Dalam kelas konstruktivis seorang guru tidak mengajarkan kepada anak bagaimana menyelesaikan persoalan, namun mempresentasikan masalah dan mendorong siswa untuk menemukan cara mereka sendiri dalam menyelesaikan permasalahan. Selain itu , para siswa diberdayakan oleh pengetahuan yang berada dalam diri mereka. Mereka berbagi strategi dan penyelesaian, debat antar satu dengan lainnya, berfikir secara kritis tentang cara terbaik untuk menyelesaikan setiap masalah.


bahan bacaan : Psikologi Pendidikan,, John W. Santrock, edisi kedua.
                          http://andrie-dedi.blogspot.com/2010/05/pengertian-pendekatan-pembelajaran.html

0 komentar:

Posting Komentar