Penggunaan Email & Blog

| |

Nama kelompok :
10103 Anggita Windy
10107 Christin Siahaan
10121 Putri Olwinda

Penggunaan email dan blog merupakan salah satu contoh metode proses pembelajaran yang cukup efektif. Tidak hanya mempunyai dampak positif bagi para pendidik, tetapi juga berdampak positif untuk murid itu sendiri. Sebagai contoh, dengan adanya email dan blog, suasana dalam proses pembelajaran akan berganti, yang tadinya suasana belajar bersifat monoton dimana semuanya hanya tertuju bahwa belajar itu dilakukan hanya didalam kelas dan juga kita hanya terpaku bahwa guru adalah satu-satunya yang mempunyai ilmu pengetahuan, menjadi tidak monoton atau menjadi lebih aktif.

Adanya hal itu, menunjukkan bahwa guru benar-benar mempunyai kreativitas dalam pemilihan sistem pengajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswanya, untuk berkembang, bukan hanya berkembang dalam intelektual tetapi juga berkembang dalam skill mempergunakan teknologi yang bisa dikatakan sudah sangat berkembang. Hal itu nantinya akan mempersiapkan diri si anak murid untuk mencari pekerjaan dimasa depan, yang membutuhkan keahlian teknolgi dan keahlian berbasis teknologi. Guru memberikan kesempatan kepada si murid untuk mengeksplorasi dunia, untuk mendapatkan informasi-informasi dari berbagai negara, dengan menggunakan email dan blog murid-murid dapat berkomunikasi dengan murid-murid lain dari sekolah lain yang berada di negara bagian atau negara lainnya, mereka bisa saling berbagai informasi yang berkaitan dengan pendidikan.

Email dan blog juga memberikan dampak yang sangat positif bagi murid-murid yang pasif dalam kegiatan pembelajaran pada saat tatap muka, yang mungkin mereka sendiri memiliki potensi positif lain dalam berkarya, yang seutuhnya dapat mereka cetuskan, khususnya karya tulis yang nantinya dapat dilihat oleh orang banyak.

Bukan hanya itu, email dan blog juga memungkinkan murid dan guru menjadi lebih dekat, dan dengan email dan blog, guru tetap bisa memberikan pelajaran atau pengajaran kepada si murid walaupun murid dan guru terpisah jauh.

Dari fenomena pendidikan di Indonesia khususnya Medan, penggunaan email dan blog dalam proses pembelajaran belum terlihat jelas, masih banyak media-media pendidikan yang belum mempergunakan email atau blog sebagai sarana utama atau tambahan untuk perkembangan kegiatan belajar-mengajar mereka.


Sumber : Santrock J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Edisi kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

0 komentar:

Posting Komentar